Home > Uncategorized > Film Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi

udah agak lama sih nontonnya, tapi masih berkesan…

Di saat film-film Indonesia yang lain cuma bisa mengandalkan mistisme dan sisi-sisi porno. Riri Riza menggebrak dengan film yang berbobot, yang memberi inspirasi buat bangsa ini (nampaknya bangsa ini emang lagi haus dengan film berbobot begini). Ayat-ayat Cinta pun kalah sama nih film. Novel Laskar Pelangi emang udah banyak digandrungi masyarakat Indonesia, salut buat Andrea Hirata si Ikal.

Menceritakan semangat 10 anak pedalaman Belitong dalam menempuh pendidikannya di SD Muhammadiyah. Menceritakan semangat Bu Muslimah dalam mengajar, dalam mempertahankan satu-satunya sekolah Islam di Belitong.

Saya sangat kagum sama Lintang, salah seorang dari 10 Laskar pelangi. Sebagai anak laki-laki tertua dari sebuah keluarga nelayan miskin, dia sebenarnya berkeinginan membantu ayahnya melaut, tapi ayahnya menghendaki anaknya tersebut untuk tetap bersekolah. Dia hanya dibesarkan ayahnya, ibunya telah tiada. Rumahnya yang sangat jauh dari sekolah tidak menghalanginya untuk tetap berangkat sekolah. Ke sekolah melewati hutan belantara, melewati buaya. Lintang sangat jenius.

Adegan yang paling berkesan adalah ketika selesai memenangkan lomba cerdas cermat, Lintang bermaksud menunjukkan piagamnya kepada Ayahnya. Setibanya di rumah ternyata ayahnya belum pulang melaut, Ayahnya tak kunjung pulang. Lintang harus menanggung beban keluarga mencari nafkah dan mengurus adik-adiknya, dia harus berhenti sekolah, padahal sebentar lagi dia lulus sekolah.

Quote dari film ini: ” Hidup ini untuk memberi sebanyak-banyaknya bukan mendapatkan sebanyak-banyaknya”

Categories: Uncategorized
  1. wardi
    November 2, 2008 at 3:00 pm

    kren bnget

  2. ukhan ichsan
    December 23, 2008 at 10:53 am

    salam,,
    apa kbr bang andrea…???
    muda2han dalam lindungan ALLah ya,,,amin.
    laskar pelangi adalah buku yang paling bagus menurut saya karna dengan adanya buku ini muda2han bisa mengubah pola pikir anak bangsa yang saat ini hanya mengandalkan materi untuk bisa menempuh sekolah yang lebih bagus dan yang lebih berkualitas (kata mereka)….
    tapi dengan adanya buku LASKAR PELANGI iniakan membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya didapat di sekolah2 yang bagus nan indah (skali lagi kata mereka)…
    ternyata pendidikan itu bisa kita dapatkan dmana saja..
    karena walaupun kita sekolah dmana saja tapi kalau kita pnya itikat baik maka akan baik semuanya…karna yang terpenting adalah budi pekerti…….
    bang minta tipsnya dong gimana cara yang baik nulis buku……

  3. wonggoblog
    January 11, 2009 at 2:59 am

    to ukhan:
    thanks banget buat responnya, tapi gua ini bukan Andrea Hirata. Gua juga salah satu penonton film Laskar Pelangi dan juga pembaca novelnya (meskipun nggak sampe selesai, hehe..).

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: