Home > Uncategorized > orang sunda nggak bisa ngomong ‘F’? Pitnah!!

orang sunda nggak bisa ngomong ‘F’? Pitnah!!

Tulisan ini tidak bermaksud melecehkan suku tertentu, tapi sebagai pembelajaran bagi kita sehingga dapat lebih memahami adat dan kebudayaan di negeri kita.  Dengan demikian dapat mempererat hubangan antar bangsa di negeri ini…

gua pernah ngeliat kaos bertuliskan “Siapa bilang orang sunda ga bisa ngomong ‘F’, Pitnah!”. Kenyataannya orang sunda memang sulit membedakan F dan V dengan huruf P. Kalau mendengar orang Sunda salah dalam mengucap ‘F’ memang sudah sering, tapi ternyata orang Sunda juga bisa salah dalam menulis ‘F’.

Saya pernah lihat sebuah kotak infaq di masjid bertuliskan “inpaq”. Di kosan saya juga ada suatu kertas yang ditempel di dinding bertuliskan “Haraf menulis no HP di sini”.

Suatu suku memang biasanya tidak pandai dalam mengucap sesuatu. Misalnya orang barat tidak bisa mengucapkan rrrrrrrr…, orang Jawa sulit ngomong peuyeum dengan benar, orang Jakarta sulit membedakan ‘o’ pada kata ‘boong’, dengan ‘o’ pada kata ‘toko’.

Hal ini mungkin terjadi karena kebiasaan suatu suku bangsa dengan bahasa yang digunakannya, yang jelas janganlah saling menghina antar suku bangsa, karena kita bersaudara..

Categories: Uncategorized
  1. November 13, 2008 at 10:47 pm

    Setuju…
    Saya sering dipanggil “Ipan” sama guru-guru pas SMP-SMA…

    Btw, tp ga semua orang Sunda ga bisa bilang huruf “F”, sy bisa😀
    Emang sih, kalo bahasa Sunda jarang banget yang ada F-nya…

  2. November 14, 2008 at 6:42 am

    heu heu heu,,, “P” Pespa atau “P” Panta??

    Untung nama saya ga ada “F” atau “V” nya…

  3. November 17, 2008 at 12:17 am

    haha, gw pernah mengalami kasus:

    tersangka: “eh bahasa sundanya dimulai apa yah ?”
    korban: “nah lo, lu kan orang sunda, XXX!”

    wekeke, orangnya lg komen disini..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: