Home > Uncategorized > Format / Reset your Nokia Phone Memory

Format / Reset your Nokia Phone Memory

Saya mendapatkan pesan kira kira “Not enough memory, please delete some data” di Nokia N73 saya. Sehingga saya tidak bisa menerima dan mengirim pesan, dan melakukan beberapa aktifitas lain. Pernah mengalaminya?  Padahal semua pesan sudah saya hapus. Anehnya tertulis used space 44MB,  free space hanya beberapa KB, padahal pada rincian memori,  hanya beberapa KB saja yang terpakai, dimanakah sisanya?

Pada malam harinya memang saya mencoba menginstall beberapa theme dan aplikasi yang sebelumnya saya download di PC. Hanya saja di handphone saya tidak terlihat proses instalasi dan tidak terlihat bekas file apapun di file manager, application manager maupun folder aplikasi. Seolah-olah saya tidak melakukan proses instalasi apapun.

Hal yang terpikir adalah mem-format phone memory. Hanya saja memformat phone memory tidaklah semudah format card memory, karena pada phone memory terdapat operating system hape kita. Sempat berpikir untuk membawa hape ke tempat servis, hanya sekedar untuk install ulang. Kata teman saya sekitar 50ribu rupiah, beuh, cuman nginstall ulang. Tentu saja mbah google yang lebih sakti dari dukun manapun menjadi tempatku bertanya. Dengan sajen berupa beberapa keyword yang tepat, mbah google langsung memangsanya dan memberikanku jawaban atas segala permasalahan ini.

Saya coba menggunakan cara berikut:

1. Switch off your mobile phone   <matikan handphone>

2. press the green button, 3, * and power button simultaneously   <tekan tombol hijau, 3, *, dan tombol power bersamaan>

3. your phone will be formatted   <handphone anda terformat>

Anda akan mendapati handphone anda sebagaimana handphone baru. Saya menyarankan untuk mengeluarkan memory card terlebih dahulu.

Ada cara lain:

*#7370# for reset settings
*#7780# for soft formatting

jika anda ingin mengetahui beberapa code nokia yang lain klik di sini.

Langkah di atas saya tulis menggunakan bahasa inggris dengan maksud supaya orang-orang Londo, Jepun atopun Finlandia juga bisa terbantu kalo punya masalah yang sama.

referensi: imserba, fixya

———-

Jika masalah ini berulang, langkah paling tepat yang bisa anda coba adalah dengan update firmware handphone anda.

Categories: Uncategorized
  1. HARKE
    February 20, 2010 at 7:45 pm

    thanks you……..

  1. October 11, 2009 at 9:45 pm

Leave a Reply

